Rumah-contoh

Langkah Mudah Menyegarkan Tampilan Depan Rumah

Mendesain ulang bagian depan rumah adakalanya memang menghabiskan waktu dan biaya. Belum lagi jika Anda berniat mengubah total lansekap taman, pagar, dan fasad, yang artinya Anda perlu membayar upah untuk konsultasi jasa arsitek dan tukang.

Pada dasarnya hal tersebut memang tergantung pada besar kecilnya renovasi yang akan Anda lakukan sih. Nah, bagi Anda yang ingin meringkas waktu dan anggaran, ternyata ada cara praktis yang bisa di lakukan.

Ikuti panduan berikut ini sehingga bagian eksterior rumah Anda bisa nampak segar hingga beberapa tahun ke depan.

1. Lihat Sekitar

Ketika hendak mengubah tampilan depan rumah, pastikan Anda memperhatikan kondisi lingkungan di sekitar rumah Anda. Agar rumah Anda tidak terkesan mencolok, pilih tema yang senada dengan beberapa rumah di bagian kanan dan kiri. Beberapa komunitas perumahan baru memang ada yang menetapkan peraturan standar dalam hal mendekorasi eksterior hunian.

Klik disini untuk melihat desain eksterior minimalis modern Perumahan Kirana Garden

Meski demikian, ada pula lingkungan tetangga yang senang mendekorasi rumah sesuai selera dengan pilihan warna dan tema yang mencolok,  tergantung pada lokasi tempat Anda tinggal.

2. Tentukan Tema

Setelah mengetahui sejauh mana Anda bebas mendekorasi sisi eksterior, saatnya memilih tema yang Anda inginkan. Misalnya rumah bergaya kolonial atau bernuansa arsitektur Eropa, tentunya Anda perlu melengkapi rumah dengan beberapa fitur seperti kanopi bulat atau ukiran pada bagian sisi fasadnya.

Sementara jika Anda memilih tema minimalis, buat bagian depan rumah nampak sederhana namun modern dengan pemilihan material kaca dan minim akan tekstur di bagian fasad. Bila Anda masih bingung mencari tema yang sesuai dengan rumah, Anda bisa contek tren eksterior terbaru yang bisa ditemukan dari sejumlah sumber.

3. Pilih Bagian yang Diubah atau Dipertahankan

Tidak semua unsur pada eksterior rumah Anda perlu diganti. Setelah mengetahui tema apa yang akan diterapkan, Anda bisa tentukan bagian mana yang memerlukan renovasi. Jika secara keseluruhan bagian depan rumah Anda terlihat segar, Anda mungkin hanya perlu merapikan lansekap taman dan mengecat ulang fasad.

Beberapa cara lain seperti mengubah gagang pintu atau lampu teras bahkan bisa memberi tampilan segar pada bagian depan rumah Anda. Selamat mencoba!

Sumber : Rumah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *