clusterkios-marygold

Kios Tempat Tinggal – Marigold | Kehangatan dan Keberuntungan

Marigold atau yang memiliki bahasa latin Tagetes erectaa, adalah spesies dari genus Tagetes. “Tagetes” berasal dari “Tages”, nama seorang demigod yang terkenal dengan kecantikannya.Tanaman ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Meskipun asli dari Amerika, namun tanaman ini sering disebut Marigold Afrika.

Bunga marigold (Tagetes erecta L.) saat ini telah banyak dibudidayakan di Indonesia, khususnya di Pulau Bali. Bunga marigold memiliki arti filosofis sebagai bunga keberuntungan dan nilai kesakralan yang tinggi bagi umat Hindu. Marigold dapat tumbuh sepanjang tahun, mudah ditanam dan umur panen relatif singkat, membuatnya banyak dibudidayakan untuk dijadikan tanaman hias, bunga dekorasi dan bunga sesaji.

Tanaman ini tak hanya dapat berguna sebagai tanaman pengusir nyamuk, namun tanaman bunga ini juga mempunyai banyak manfaat yang lainnya. Kelopak bunga Marigold misalnya, dapat digunakan untuk membuat obat cuci mata yang sangat baik. Marigold juga digunakan dalam pengobatan homeopati dan konvensional sebagai salep untuk penyembuhan luka. Marigold memiliki antiseptik, stimulan dan sifat anti-jamur. Selain itu, bunga marigold mengandung lutein murni yang bermanfaat terhadap mata manusia.

1
Something is wrong. Response takes too long or there is JS error. Press Ctrl+Shift+J or Cmd+Shift+J on a Mac.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *