married-at-first-sight-doesnt-understand-about-relationships

Cara Pintar Punya Rumah Setelah Menikah

Pasangan muda tentu memiliki impian untuk dapat segera memiliki rumah idaman usai menikah. Namun, biasanya keinginan tersebut harus tertunda karena kondisi finansial yang belum stabil setelah menggelar pesta pernikahan.

Apalagi melihat harga rumah yang terus meningkat menjadi pertimbangan. Sebenarnya ada beberapa cara untuk membantu memudahkan para pasangan muda untuk dapat segera memiliki rumah. Berikut ini beberapa kiat yang bisa dicontoh.

Menekan Biaya Resepsi

Tak salah mengadakan pesta resepsi untuk merayakan pernikahan. Hal yang perlu diperhatikan adalah kuota dari pernikahan tersebut. Pertimbangan bujet dan banyaknya undangan.

Sebaiknya, batasi undangan untuk keluarga dan sahabat-sahabat terdekat saja. Dengan begitu Anda tak perlu terlalu banyak menggelontorkan dana besar untuk menggelar pesta pernikahan. Sisa dana justru dapat digunakan untuk uang muka pembelian rumah.

Pakai Uang Pemberian Undangan untuk DP Rumah

Setelah menikah, biasanya pasangan pengantin baru mendapat dari para undangan. Daripada uang tersebut habis tak tersisa untuk hal yang tidak jelas, sebaiknya gunakan untuk menambah modal down payment pembelian rumah. Ini aakan membantu Anda mempercepat pemilikan rumah idaman.

Atur Pengeluaran

Setelah menikah, Anda dan pasangan harus terbuka soal keuangan masing-masing. Ini berguna untuk pembuatan anggaran rumah tangga.

Anggaran rumah tangga harus dibuat bersama agar masing-masing dapat mengetahui arus keluar-masuk uang. Batasi pengeluaran yang tidak dibutuhkan. Pastikan anggaran yang dibuat ini dipatuhi oleh pasangna sehingga tujuan utama dapat tercapai.

Berinvestasi

Untuk mempercepat terkumpulnya tabungan, jangan hanya endapkan uang pada tabungan saja. Anda dan pasangan bisa mencoba berinvestasi. Beberapa investasi yang aman dan mudah untuk pemula yaitu reksadana dan emas.

Investasi reksadana cenderung lebih minim risiko namun punya bunga yang lebih tinggi, sedangkan emas nilainya cenderung terus meningkat. Ikut investasi dapat mempercepat pertumbuhan tabungan.

Buat Rekening Khusus

Buatlah rekening khusus untuk modal pembelian rumah bersama pasangan. Anda berdua harus berkomitmen menyisihkan gaji setiap bulan ke rekening bersama ini.

Apapun godaannya, jangan gunakan uang dalam rekening tersebut untuk hal lain. Tetapkan anggaran pembelian rumah dan total DP Kredit Pemilikan Rumah yang dibutuhkan.

Pertimbangkan Kredit

Untuk menambah modal pembayaran DP rumah, Anda dan pasangan bisa mempertimbangkan pinjaman kredit di bank. Peminjaman ini bisa mempercepat terkumpulnya DP rumah.

Satu hal yang harus diperhatikan, Anda harus menyesuaikan besaran pinjaman dengan kemampuan mencicil Anda. Jangan sampai, pengeluaran Anda tersedot semuanya untuk membayar cicilan hutang dan tak ada sisa untuk menyicil rumah.

Bagi Anda pasangan baru yang tengah berjuang membeli rumah pertama, silahkan kunjungi kantor marketing Kirana Garden Medan, untuk mendapatkan promo khusus rumah dengan harga terjangkau dan lokasi strategis.

Sumber: Rumah.com

1
Something is wrong. Response takes too long or there is JS error. Press Ctrl+Shift+J or Cmd+Shift+J on a Mac.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *